Headlines News :
iklan banner 728 x 90
Home » » Lewis Hamilton, Pembeda Di Balap Formula 1

Lewis Hamilton, Pembeda Di Balap Formula 1

Written By Saddnezh Riviera on Juni 13, 2012 | 04.26

Lewis Hamilton


Terlahir dengan nama Lewis Carl Hamilton di Stevenage, Britania Raya, 7 Januari 1985; umur 27 tahun) adalah seorang pembalap Formula 1 berkebangsaan Britania Raya yang saat ini membalap untuk tim McLaren. Ia sempat menjadi juara dunia termuda sepanjang sejarah F1 saat merebut gelar tahun 2008 dalam usia 23 tahun, 9 bulan, dan 26 hari, sehingga memecahkan rekor Fernando Alonso yang berusia 24 tahun dan 59 hari ketika meraih gelar juara dunia 2005. Rekor ini kemudian dipecahkan oleh Sebastian Vettel di musim 2010. Kariernya di F1 dimulai pada tahun 2007, ketika ia ditunjuk sebagai rekan setim Fernando Alonso di McLaren. Debut F1 pertamanya adalah pada GP Australia 18 Maret 2007 dan ia finish ketiga.

Lewis Hamilton adalah pembalap pertama Formula 1 yang berkulit gelap. Ibu Hamilton, Carmen Brenda Larbalestier, menikah dengan pria Inggris berkulit gelap, Anthony Hamilton, yang membuat Hamilton mewarisi kulit gelap dari sang ayah. Orang tua Hamilton berpisah ketika ia masih berusia 2 tahun sehingga membuat Hamilton harus tinggal bersama ibu dan kedua saudara tirinya. Namun ia pindah bersama ayahnya ketika berusia 12 tahun.
Hammy, demikian ia biasa dipanggil, memulai karting ketika usianya masih 8 tahun. Setelah memenangkan beberapa kejuaraan karting, ia dikontrak sebagai pembalap oleh McLaren, sehingga membuat kariernya terus berkembang.
Perjalanan karier Hamilton memang sempat diwarnai beberapa kontroversi. Mulai dari terlibat perseteruan dengan mantan rekan setimnya di McLaren, Fernando Alonso, hingga menjadi korban aksi rasis di Spanyol pada awal 2008.
Pada GP Brasil 2008 Lewis Hamilton menjadi juara dunia F1 pertama dari ras kulit hitam setelah mampu finish di P5 dan dalam klasemen ia unggul satu angka atas Felipe Massa.

 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Saddnezh Riviera - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template