Headlines News :
Home » » Nadal, Spesialis Lapangan Tanah Liat

Nadal, Spesialis Lapangan Tanah Liat

Written By Saddnezh Riviera on Juni 13, 2012 | 04.14

Rafael Nadal


Rafael "Rafa" Nadal Parera lahir di Manacor, Mallorca, Spanyol, 3 Juni 1986; umur 26 tahun) adalah petenis profesional asal Spanyol.

Setelah menempati peringkat dua dunia selama 158 minggu, pada 18 Agustus 2008 ia menjadi petenis berperingkat pertama dunia menggantikan Roger Federer. Peringkat tersebut bertahan hingga 6 Juli 2009 saat Federer menjuarai Wimbledon dan kembali menjadi petenis nomor satu dunia. Ia pun kembali mendapat peringkat satu dunia pada tanggal 7 Juni 2010 sampai sekarang.
Nadal merupakan juara Grand Slam sebanyak sepuluh kali, telah memenangi gelar tunggal putra Perancis Terbuka (2005-2008) empat kali secara berturut-turut. Setelah mencetak rekor 31 kemenangan berturut-turut di Perancis Terbuka, Nadal kalah untuk pertama kalinya di turnamen tersebut pada pertandingan babak keempat melawan Robin Soderling pada tahun 2009. Ia meraih gelar Wimbledon pada tahun 2008 dan 2010. Ditahun 2008 dengan mengalahkan Federer setelah kalah pada tahun 2006 dan 2007 dari Federer, sedangkan tahun 2010 dengan mengalahkan Tomáš Berdych.
Nadal memegang rekor 32 kemenangan beruntun pada 2008. Pada tahun 2011, dengan memenangi Monte Carlo Masters, dia menjadi pemain pertama yang memenangi tujuh edisi beruntun di tingkat ATP. Nadal menduduki peringkat No. 2 dunia, dibelakang Roger Federer, untuk rekor 160 minggu beruntun sebelum meraih posisi puncak. Nadal menduduki peringkat No. 1 dunia sejak 18 Agustus 2008 hingga 5 Juli 2009. Nadal kembali naik ke peringkat No. 1 dunia sejak 7 Juni 2010, setelah memenangi gelar Perancis Terbuka kelimanya. Dia bertahan hingga 3 Juli 2011, ketika Novak Djokovic menggantikan dia menduduki peringkat No. 1 dunia.


Nadal dilahirkan di Manacor, Mallorca. Ayahnya bernama Sebastián Nadal dan ibunya Ana María Parera; dia juga memiliki seorang saudara perempuan bernama María Isabel. Ayahnya memiliki sebuah restoran dan bisnis pembuatan kaca. Pamannya, Miguel Ángel Nadal, adalah pemain sepak bola yang sudah pensiun, dulu pernah bermain untuk RCD Mallorca, FC Barcelona, dan tim nasional sepak bola Spanyol.
Walaupun Nadal bermain dengan tangan kiri, sebenarnya dia tidak kidal. Ketika ia masih kecil, pelatihnya, Toni Nadal, memutuskan bahwa two-handed backhandnya akan diuntungkan karena lengan kanan yang kuat, oleh sebab itu Toni mengajarkan Rafael untuk bermain dengan tangan kirinya.
Tidak sampai Nadal berusia 12 tahun, ia memutuskan untuk berkarier dalam tenis, bukannya sepak bola. Pada Mei 2001, ketika Nadal berusia 14 tahun, petenis Pat Cash memainkan pertandingan eksibisi di atas permukaan tanah liat melawannya. Cash keberatan melawan Nadal, sebab Boris Becker-lah yang sebenarnya dijadwalkan untuk menjadi lawannya. Tetapi, Cash kalah dalam pertandingan ini dengan selisih sedikit.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Saddnezh Riviera - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template